Sinopsis Film Iron Man 1

Sinopsis Film Iron Man 1. Iron Man berkisah tentang seorang pahlawan fantasy Amerika. Kisah di mulai dengan perjalanan Tony Stark ke gurun Afghanistan bersama para petinggi tentara AS termasuk sahabat dan Letkol James Rhodes untuk mendemosntrasikan peluru kendali terbaru ciptaanya yang di beri nama Jericho. Demonstrasi itu berjalan berjalan lancar. Sayangnya saat dalam perjalanan pulang, Tony yang menolak satu kendaraan dengan Rhodes di serang oleh para teroris. Tony terluka parah di dada terkena ledakan peluru buatan Stark Industri, pabrik senjata miliknya.

Iron Man 1 Tony menderita cendera parah. Serpihan peluruh kendali yang mengenai dadanya dan perlahan namun pasti akan segera menghujam ke jantung dan hatinya. Dr Yinsen, rekan sesama sandera membantu Tony agar tetap hidup dengan menanamkan cincin elektromagnetik di dadanya yang mendapat suplay tenaga dari sebuah aki. Dengan adanya gaya elektrok magnet tersebut, serpihan peluru kendali itu akan tertahan. Tapi kemana-mana, tony harus menenteng aki yang cukup besar tersebut.

Para teroris memaksa tony untuk membuatkan rudal Jericho. Untuk apapun yang di minta Tony akan di sediakan. Kesempatan itu di gunakan oleh Tony untuk membuat sebuah rekator kecil sebagai sumber tenaga cincin elektronmagnetik di dadanya. Dan dengan bantuan Dr Yinsen, mereka membuat baju besi yang akan di gunakan untuk melarikan diri. Sayang dalam rencana pelarian itu Dr Yinsen terbunuh. Dan Tony yang berhasil lolos berkan baju besinya kembali ke Amerika.

Setiba di Amerika, Tony mengadakan jumpa press dan mengumunkan secara terbuka bahwa dia akan menghentikan produksi senjata di pabrik senjatanya. Obaidah Stane, tekan konsinya tentu saja tidak setuju, bagaimana mungkin sebuah pabrik senjata tidak membuat senjata? Pernyataan Tony tersebut menyebabkan saham Stark Industri merosot tajam. Tapi Tony tidak kuatir.  Dengan bantuan asistennya, Virginia Pott yang sering di panggil Pepper oleh Tony, Tony merancang sebuah baju besi muktahir yang bisa terbang dan bersenjata lengkap yang kemudian di namainya Iron Man Suit.

Dengan baju Iron Man itu, Tony Stark membantu mengghancurkan teroris di Afghanistan dan membebaskan rakyat yang teraniaya. Serta menangkap dan menghancurkan Obadiah Stane yang berusaha mencuri rancangan Iron Man dan ternyata merupakan dalang di belakang penyanderaan Tony Stark di Afghanistan.